Bank
Central Asia Finance
Sejarah
Perusahaan
BCA Finance berdiri pada tahun 1981
dengan nama PT Central Sari Metropolitan Leasing Corporation (CSML). Pada awal
berdirinya, pemegang saham Perusahaan adalah PT Bank Central Asia dan Japan
Leasing Corporation. Saat itu Perusahaan masih memfokuskan usaha pada
pembiayaan komersial, seperti pembiayaan mesin-mesin produksi, alat berat dan
transportasi.
![]() |
|
|
|
Berdasarkan Surat
Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 441/KMK.017/1995 tanggal 14
September 1995 dan Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No.
KEP-034/KM.5/2006 tanggal 20 Februari 2006, Perusahaan memperoleh pembaharuan
mengenai izin usaha dalam bidang usaha lembaga pembiayaan sehingga Perusahaan
dapat melakukan kegiatan usaha sebagai lembaga pembiayaan yang meliputi
kegiatan sewa guna usaha, anjak piutang, usaha kartu kredit dan pembiayaan
konsumen.
Selanjutnya pada tahun 2001 PT
Central Sari Metropolitan Leasing berubah nama menjadi PT Central Sari Finance
(CSF), diikuti dengan perubahan kepemilikan saham, dimana PT Bank Central Asia
(BCA) menjadi pemegang saham mayoritas, serta perubahan fokus usaha menjadi
pembiayaan kendaraan bermotor, khususnya roda empat atau lebih. Terakhir,
Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik
Indonesia No.C-08091 HT.01.04.TH.2005, maka per tanggal 28 Maret 2005 PT
Central Sari Finance telah berubah nama menjadi PT BCA Finance.
Seiring dengan perubahan nama
tersebut, pertumbuhan BCA Finance pun semakin melesat tajam. Hal ini tercermin
dari terus meningkatnya jumlah pembiayaan baru yang mencapai 3,3 Triliun di
tahun 2005 menjadi 11,4 Triliun pada tahun 2009. Pertumbuhan Perusahaan
tercatat hampir 350% hanya dalam kurun waktu 4 tahun. Prestasi ini tidak terlepas
dari dukungan penuh yang telah diberikan oleh Perusahaan induk kami yaitu PT.
BCA, Tbk.
Dalam bidang pembiayaan, sampai saat
ini Perusahaan masih tetap fokus di sektor pembiayaan mobil. Dari waktu ke
waktu BCA Finance berupaya secara terus menerus untuk meningkatkan market share
Perusahaan, baik dengan penerapan strategi yang tepat, melakukan ekspansi
pembukaan cabang-cabang baru maupun dengan senantiasa memberikan pelayanan
terbaik kepada para customer-nya. Jaringan pemasaran BCA Finance sudah relatif
luas, sampai dengan Desember 2009, Perusahaan telah memiliki 36 jaringan usaha
yang sudah tersebar di 32 kota besar dan 20 propinsi di seluruh Indonesia.
Pemegang
Saham
|
Pemegang Saham Per 31 Desember
2009
|
Nilai Nominal Saham (Rp)
|
Persentase
|
|
PT Bank Central Asia Tbk
|
58.702.000.000
|
99,58%
|
|
BCA Finance Limited
|
250.000.000
|
0,42%
|
|
Jumlah
|
58.952.000.000
|
100%
|
BCA berdiri pada tahun 1957 dengan
nama Bank Central Asia NV. Bank Central Asia merupakan salah satu bank
terbesar di Indonesia yang melayani nasabah perorangan, badan usaha maupun
institusi melalui jaringan kantor cabang berskala nasional yang menjangkau
hampir seluruh kota besar di Indonesia, serta jaringan pelayanan terpadu yang
menghadirkan layanan direct banking 24 jam melalui ATM, internet, telepon
sambungan tetap maupun telepon selular.
Setelah krisis ekonomi pada tahun
1997-1998, BCA diambil alih oleh pemerintah dan diikutsertakan dalam program
restrukturisasi yang dilaksanakan oleh Badan Penyehatan Perbankan Nasional
(BPPN). Pemerintah Indonesia melalui BPPN menguasai 92,8% dari kepemilikan BCA.
Karena pemulihan atas kondisi keuangan dan operasi BCA berjalan sangat baik,
maka pada tahun 2000 pengawasan terhadap BCA dikembalikan dari BPPN ke Bank
Indonesia
Visi,
Misi dan Nilai
Visi
Visi
"Menjadi Perusahaan
terkemuka dalam industri pembiayaan di Indonesia yang memberikan NILAI TERBAIK kepada para
stakeholders"
Perusahaan
Terkemuka
“Terkemuka” berarti menjadi yang
terdepan dalam memberikan nilai yang unggul dan berkelanjutan dalam jangka
panjang kepada para stakeholders, sebagaimana dijabarkan dalam pernyataan misi
kami.
Industri
Pembiayaan di Indonesia
BCA Finance memfokuskan diri pada
industri mulfinance, sekalipun portofolio pembiayaan saat ini didominasi oleh
pembiayaan untuk mobil. BCA Finance akan mendiversifikasi produk-produknya
untuk mempertahankan tingkat perrtumbuhannya.
Memberikan
NILAI TERBAIK Kepada Para Stakeholders
Kalimat ini didefinisikan lebih
lanjut dalam pernyataan misi kami.
Misi
·
Kami
memberikan NILAI TERBAIK untuk
memuaskan para pelanggan sebagai pilihan utama mereka dengan memberikan produk
dan jasa yang berkualitas tinggi, inovatif, dan handal.
·
Kami
memberikan NILAI TERBAIK kepada
para rekan distribusi dengan mengembangkan hubungan saling percaya dan "win-win
partnership" yang terfokus pada pertumbuhan yang berkesinambungan.
·
Kami
memberikan NILAI TERBAIK kepada
para pemegang saham dan kreditur dengan menciptakan pertumbuhan keuangan dan
tingkat pengembalian yang dapat dipertahankan dalam jangka panjang dengan
tingkat risiko yang dapat diterima
·
Kami
memahami tanggung jawab sosial kami sebagai korporat dan memberikan NILAI TERBAIK kepada masyarakat dengan
secara aktif berkontribusi terhadap kesejahteraan mereka.
·
Kami
yakin bahwa hasil-hasil yang dapat dipertahankan dalam jangka panjang untuk
para stakeholders hanya dapat dicapai dengan memberikan NILAI TERBAIK kepada orang-orang kami dengan merekrut,
mengembangkan dan memberikan imbalan kepada orang-orang yang berkompetensi
tinggi dan menciptakan iklim kerjayang kondusif di mana orang-orang dapat
bertumbuh dan berinovasi.
·
Kami
memberikan NILAI TERBAIK kepada
para supplier dengan memperlakukan mereka secara fair dan prinsip "win-win
treatment".
Nilai
Nilai-nilai Perusahaan adalah
pedoman bagi manajemen dan seluruh karyawan BCA Finance yang perlu diwujudkan
dalam bentuk tindakan dan perilaku yang sesuai secara konsisten setiap
harinya.
Strategi
Perusahaan
Perusahaan senantiasa membangun kekuatan yang kompetitif dalam rangka menjamin pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan
Perusahaan senantiasa membangun kekuatan yang kompetitif dalam rangka menjamin pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan
MOST COMPETITIVE PRICE, didukung oleh struktur pendanaan dengan
tingkat suku bunga yang kompetitif.
BCA Finance selalu memfokuskan diri
pada penyediaan dana pembiayaan dengan tingkat suku bunga yang sangat
kompetitif, baik berasal dari induk Perusahaan yaitu PT BCA,Tbk maupun dari
berbagai sumber dana lainnya. BCA Finance senantiasa memonitor dan
mengantisipasi pergerakan suku bunga dan ketersediaan dana di pasar.
OPERATIONAL EXCELLENCE, menjamin efisiensi biaya dengan
produktifitas dan efektifitas yang tinggi.
BCA Finance menyadari sepenuhnya
bahwa pengelolaan biaya operasional juga merupakan faktor yang ikut menentukan
tingkat suku bunga untuk tetap sangat kompetitif. Dengan operasional bisnis
yang excellence/ handal, seluruh stakeholder dan konsumen merasa puas,
produktivitas dan efektifitas tinggi, sehingga biaya menjadi sangat efisien dan
pada akhirnya akan sangat menopang strategi Most Competitive Price yang
dijalankan.
RELIABLE
RESOURCES,
mensinergikan berbagai sumber daya yang berkualitas. BCA Finance menyadari
sepenuhnya bahwa pelaksanaan kesuksesan strategi juga sangat bergantung pada
sinergi dari seluruh kualitas sumber daya yang dimiliki, maka pengembangan
sumber daya berupa sumber daya manusia dan penerapan teknologi informasi
mendapat perhatian besar dari Perusahaan.
![]() |
|
|
|
|
PRUDENT
ACQUISITION, analisa
calon konsumen yang tajam dari dua channel penjualan yang handal.
Penerapan manajemen resiko yang
menyeluruh sejak dari analisa portfolio, analisa calon konsumen, pembentukan
komite kredit, hingga pemilihan chanel penjualan yang berkualitas yaitu
dealer/showroom dengan reputasi yang baik dan cabang-cabang BCA merupakan
jaminan terhadap kualitas aset dengan tingkat pengembalian yang tinggi.
MUTUAL RELATIONSHIP, mengandalkan semua pihak dalam menjamin daya
tahan pertumbuhan. BCA Finance selalu menyatakan bahwa pertumbuhan yang telah
terjadi selama ini bukan semata-mata hanya hasil dari BCA Finance sendiri
tetapi merupakan hasil dan dukungan dari seluruh stakeholder, mitra usaha dan
konsumen. Untuk itu BCA Finance tidak pernah ragu untuk memberikan seluruh
kemampuannya untuk menjaga hubungan baik dan meningkatkan kepercayaan melalui layanan
yang memuaskan seluruh stakeholder, mitra usaha dan konsumen.
Tanggung
Jawab Sosial
Sejalan dengan misi memberikan nilai
yang terbaik, Perusahaan senantiasa berusaha untuk tetap peduli pada masyarakat
dan lingkungan dengan aktif melakukan berbagai kegiatan sosial sebagai bentuk Tanggung
Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility).
Program-program yang diadakan
merupakan komitmen Perusahaan dalam rangka mendukung peningkatan kesejahteraan
dan kepedulian sosial bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.
Bantuan Sosial
Perusahaan
sebagai bagian dari masyarakat senantiasa turut aktif sertadan terlibat dalam
berbagai kegiatan sosial.Beberapa program yang telah dijalankan Perusahaan
antara lain, kegiatan sosial dan bantuan bencana alam.
Sebagai
bentuk kepedulian terhadap anak bangsa, tahun 2009 lalu Perusahaan
telah memberikan bantuan berupa uang tunai dan kebutuhan sehari-hari kepada
Panti Asuhan Tunas Bangsa, Cipayung, Jakarta. Panti asuhan tersebut merupakan
yayasan sosial yang menaungi anak-anak terlantar dan bayi yang ditinggal orang
tuanya di rumah sakit. Selain itu Perusahaan juga senantiasa aktif dalam
memberikan bantuan kepada korban bencana alam.
Pada bulan
Oktober 2009, pada saat kota Padang dan sekitarnya diluluh lantakkan oleh gempa
bumi dahsyat, jaringan Perusahaan juga mengalami kerusakan, dan beberapa
karyawan pun ikut menjadi korban. Gempa ini mengetuk perusahaan untuk aktif
menggalang dana kemanusiaan untuk disalurkan kepada korban gempa tersebut.
Selain dalam bentuk uang tunai, Perusahaan juga memberikan bantuan berupa
sembako untuk meringankan beban hidup para korban gempa tersebut.
Selain aktif sendiri menggalang
bantuan, Perusahaan juga ikut dalam kegiatan peduli gempa Padang yang diadakan
oleh APPI (Asosiasi Perusahaan pembiayaan Indonesia).
Bantuan Pendidikan
A. Beasiswa
Prestasi
Beasiswa Prestasi (BSP), merupakan
program beasiswa dalam bentuk uang sekolah kepada anak karyawan yang
berprestasi. Program beasiswa ini diselenggarakan oleh APPI bersama dengan BCA
Finance dan anggota lainnya.
B. Beasiswa BCA Finance
Selain dari program Beasiswa
Prestasi, Perusahaan juga mengadakan Program Beasiswa BCA Finance. Pada tahun
program ini merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang
berprestasi, dibuktikan dengan IPK harus diatas 3,00 dan memiliki keterbatasan
finansial.
Program ini adalah salah satu bukti
kepedulian Perusahaan di Bidang Pendidikan. Perusahaan berkeinginan untuk
mengurangi angka putus sekolah dengan membantu biaya pendidikan bagi mahasiswa
berprestasi.

Pada tahun 2009, BCA Finance
menerima 3.599 aplikasi permohonan beasiswa dari seluruh wilayah Indonesia,
yaitu 2.903 aplikasi berasal dari Perguruan Tinggi Negeri, dan 696 aplikasi
berasal dari Perguruan Tinggi Swasta.
Program Beasiswa BCA Finance 2009
diberikan kepada 20 Mahasiswa dari 20 Perguruan Tinggi yang tersebar di
Indonesia. Bantuan diberikan berupa uang tunai setiap bulan hingga mahasiswa
tersebut menyelesaikan masa studinya. Total bantuan senilai Rp. 306.000.000,-
Mahasiswa yang terpilih untuk
mendapatkan beasiswa diundang ke Jakarta untuk bertemu dengan management BCA
Finance dan melihat langsung kegiatan di BCA Finance. Tujuannya adalah supaya
manajemen BCA Finance mengenal lebih dekat dengan para penerima beasiswa.
Setelah
sukses di tahun 2009, di tahun 2010 ini BCA Finance kembali menggulirkan
program BEASISWA BCA FINANCE 2010. Jumlah aplikasi tahun ini adalah sebanyak
8.858 aplikasi, terdiri dari 4.412 PTN dan 4.446 PTS.
Beasiswa diberikan
kepada 38 orang mahasiswa berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi dari 26
Perguruan Tinggi di Seluruh Indonesia, dengan total beasiswa senilai maksimum
Rp. 372.000.000,-.
C. BCA Finance Berbagi
Dalam
rangka menyambut Ulang Tahun BCA Finance yang ke-29 pada tanggal 7 Maret 2010, BCA
Finance telah mengadakan program ”BCA Finance Berbagi” dengan
membagikan 150 unit komputer layak pakai kepada 20 yayasan
sosial dan lembaga pendidikan di Jabotabek, Serang, dan Sukabumi.

Perusahaan
berharap program ini dapat memberikan kontribusi yang baik kepada setiap
penerima bantuan dalam meningkatkan pendidikan dan keterampilan komputer bagi
para anak didiknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar