widget

Minggu, 15 April 2012

Bank Central Asia Finance


Bank Central Asia Finance

Sejarah Perusahaan
BCA Finance berdiri pada tahun 1981 dengan nama PT Central Sari Metropolitan Leasing Corporation (CSML). Pada awal berdirinya, pemegang saham Perusahaan adalah PT Bank Central Asia dan Japan Leasing Corporation. Saat itu Perusahaan masih memfokuskan usaha pada pembiayaan komersial, seperti pembiayaan mesin-mesin produksi, alat berat dan transportasi.
Kantor Pusat BCA Finance




  Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 441/KMK.017/1995 tanggal 14 September 1995 dan Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. KEP-034/KM.5/2006 tanggal 20 Februari 2006, Perusahaan memperoleh pembaharuan mengenai izin usaha dalam bidang usaha lembaga pembiayaan sehingga Perusahaan dapat melakukan kegiatan usaha sebagai lembaga pembiayaan yang meliputi kegiatan sewa guna usaha, anjak piutang, usaha kartu kredit dan pembiayaan konsumen.

Selanjutnya pada tahun 2001 PT Central Sari Metropolitan Leasing berubah nama menjadi PT Central Sari Finance (CSF), diikuti dengan perubahan kepemilikan saham, dimana PT Bank Central Asia (BCA) menjadi pemegang saham mayoritas, serta perubahan fokus usaha menjadi pembiayaan kendaraan bermotor, khususnya roda empat atau lebih. Terakhir, Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No.C-08091 HT.01.04.TH.2005, maka per tanggal 28 Maret 2005 PT Central Sari Finance telah berubah nama menjadi PT BCA Finance.

Seiring dengan perubahan nama tersebut, pertumbuhan BCA Finance pun semakin melesat tajam. Hal ini tercermin dari terus meningkatnya jumlah pembiayaan baru yang mencapai 3,3 Triliun di tahun 2005 menjadi 11,4 Triliun pada tahun 2009. Pertumbuhan Perusahaan tercatat hampir 350% hanya dalam kurun waktu 4 tahun. Prestasi ini tidak terlepas dari dukungan penuh yang telah diberikan oleh Perusahaan induk kami yaitu PT. BCA, Tbk.

Dalam bidang pembiayaan, sampai saat ini Perusahaan masih tetap fokus di sektor pembiayaan mobil. Dari waktu ke waktu BCA Finance berupaya secara terus menerus untuk meningkatkan market share Perusahaan, baik dengan penerapan strategi yang tepat, melakukan ekspansi pembukaan cabang-cabang baru maupun dengan senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada para customer-nya. Jaringan pemasaran BCA Finance sudah relatif luas, sampai dengan Desember 2009, Perusahaan telah memiliki 36 jaringan usaha yang sudah tersebar di 32 kota besar dan 20 propinsi di seluruh Indonesia.

Pemegang Saham  

Pemegang Saham Per 31 Desember 2009
Nilai Nominal Saham (Rp)
Persentase

PT Bank Central Asia Tbk
58.702.000.000
99,58%

BCA Finance Limited
250.000.000
0,42%

Jumlah
58.952.000.000
100%
BCA berdiri pada tahun 1957 dengan nama Bank Central Asia NV. Bank Central Asia merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang melayani nasabah perorangan, badan usaha maupun institusi melalui jaringan kantor cabang berskala nasional yang menjangkau hampir seluruh kota besar di Indonesia, serta jaringan pelayanan terpadu yang menghadirkan layanan direct banking 24 jam melalui ATM, internet, telepon sambungan tetap maupun telepon selular.
Setelah krisis ekonomi pada tahun 1997-1998, BCA diambil alih oleh pemerintah dan diikutsertakan dalam program restrukturisasi yang dilaksanakan oleh Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Pemerintah Indonesia melalui BPPN menguasai 92,8% dari kepemilikan BCA. Karena pemulihan atas kondisi keuangan dan operasi BCA berjalan sangat baik, maka pada tahun 2000 pengawasan terhadap BCA dikembalikan dari BPPN ke Bank Indonesia

Visi, Misi dan Nilai  
Visi
 "Menjadi Perusahaan terkemuka dalam industri pembiayaan di Indonesia yang memberikan NILAI TERBAIK kepada para stakeholders"

Perusahaan Terkemuka
“Terkemuka” berarti menjadi yang terdepan dalam memberikan nilai yang unggul dan berkelanjutan dalam jangka panjang kepada para stakeholders, sebagaimana dijabarkan dalam pernyataan misi kami.

Industri Pembiayaan di Indonesia
BCA Finance memfokuskan diri pada industri mulfinance, sekalipun portofolio pembiayaan saat ini didominasi oleh pembiayaan untuk mobil. BCA Finance akan mendiversifikasi produk-produknya untuk mempertahankan tingkat perrtumbuhannya.
Memberikan NILAI TERBAIK Kepada Para Stakeholders
Kalimat ini didefinisikan lebih lanjut dalam pernyataan misi kami.

 Misi
·         Kami memberikan NILAI TERBAIK untuk memuaskan para pelanggan sebagai pilihan utama mereka dengan memberikan produk dan jasa yang berkualitas tinggi, inovatif, dan handal.
·         Kami memberikan NILAI TERBAIK kepada para rekan distribusi dengan mengembangkan hubungan saling percaya dan "win-win partnership" yang terfokus pada pertumbuhan yang berkesinambungan.
·         Kami memberikan NILAI TERBAIK kepada para pemegang saham dan kreditur dengan menciptakan pertumbuhan keuangan dan tingkat pengembalian yang dapat dipertahankan dalam jangka panjang dengan tingkat risiko yang dapat diterima
·         Kami memahami tanggung jawab sosial kami sebagai korporat dan memberikan NILAI TERBAIK kepada masyarakat dengan secara aktif berkontribusi terhadap kesejahteraan mereka.
·         Kami yakin bahwa hasil-hasil yang dapat dipertahankan dalam jangka panjang untuk para stakeholders hanya dapat dicapai dengan memberikan NILAI TERBAIK kepada orang-orang kami dengan merekrut, mengembangkan dan memberikan imbalan kepada orang-orang yang berkompetensi tinggi dan menciptakan iklim kerjayang kondusif di mana orang-orang dapat bertumbuh dan berinovasi.
·         Kami memberikan NILAI TERBAIK kepada para supplier dengan memperlakukan mereka secara fair dan prinsip "win-win treatment".
 Nilai
Nilai-nilai Perusahaan adalah pedoman bagi manajemen dan seluruh karyawan BCA Finance yang perlu diwujudkan dalam bentuk tindakan dan perilaku yang sesuai secara konsisten setiap harinya. 

Strategi Perusahaan  
Perusahaan senantiasa membangun kekuatan yang kompetitif dalam rangka menjamin pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan
 MOST COMPETITIVE PRICE, didukung oleh struktur pendanaan dengan tingkat suku bunga yang kompetitif.
BCA Finance selalu memfokuskan diri pada penyediaan dana pembiayaan dengan tingkat suku bunga yang sangat kompetitif, baik berasal dari induk Perusahaan yaitu PT BCA,Tbk maupun dari berbagai sumber dana lainnya. BCA Finance senantiasa memonitor dan mengantisipasi pergerakan suku bunga dan ketersediaan dana di pasar.
 OPERATIONAL EXCELLENCE, menjamin efisiensi biaya dengan produktifitas dan efektifitas yang tinggi.
BCA Finance menyadari sepenuhnya bahwa pengelolaan biaya operasional juga merupakan faktor yang ikut menentukan tingkat suku bunga untuk tetap sangat kompetitif. Dengan operasional bisnis yang excellence/ handal, seluruh stakeholder dan konsumen merasa puas, produktivitas dan efektifitas tinggi, sehingga biaya menjadi sangat efisien dan pada akhirnya akan sangat menopang strategi Most Competitive Price yang dijalankan.
RELIABLE RESOURCES, mensinergikan berbagai sumber daya yang berkualitas. BCA Finance menyadari sepenuhnya bahwa pelaksanaan kesuksesan strategi juga sangat bergantung pada sinergi dari seluruh kualitas sumber daya yang dimiliki, maka pengembangan sumber daya berupa sumber daya manusia dan penerapan teknologi informasi mendapat perhatian besar dari Perusahaan.


http://www.bcafinance.co.id/uploads/Corplan/strategi.JPG





PRUDENT ACQUISITION, analisa calon konsumen yang tajam dari dua channel penjualan yang handal.
Penerapan manajemen resiko yang menyeluruh sejak dari analisa portfolio, analisa calon konsumen, pembentukan komite kredit, hingga pemilihan chanel penjualan yang berkualitas yaitu dealer/showroom dengan reputasi yang baik dan cabang-cabang BCA merupakan jaminan terhadap kualitas aset dengan tingkat pengembalian yang tinggi.
 MUTUAL RELATIONSHIP, mengandalkan semua pihak dalam menjamin daya tahan pertumbuhan. BCA Finance selalu menyatakan bahwa pertumbuhan yang telah terjadi selama ini bukan semata-mata hanya hasil dari BCA Finance sendiri tetapi merupakan hasil dan dukungan dari seluruh stakeholder, mitra usaha dan konsumen. Untuk itu BCA Finance tidak pernah ragu untuk memberikan seluruh kemampuannya untuk menjaga hubungan baik dan meningkatkan kepercayaan melalui layanan yang memuaskan seluruh stakeholder, mitra usaha dan konsumen.

Tanggung Jawab Sosial  

Sejalan dengan misi memberikan nilai yang terbaik, Perusahaan senantiasa berusaha untuk tetap peduli pada masyarakat dan lingkungan dengan aktif melakukan berbagai kegiatan sosial sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility).
Program-program yang diadakan merupakan komitmen Perusahaan dalam rangka mendukung peningkatan kesejahteraan dan kepedulian sosial bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.
Bantuan Sosial
Perusahaan sebagai bagian dari masyarakat senantiasa turut aktif sertadan terlibat dalam berbagai kegiatan sosial.Beberapa program yang telah dijalankan Perusahaan antara lain, kegiatan sosial dan bantuan bencana alam.
Sebagai bentuk kepedulian terhadap anak bangsa, tahun 2009 lalu Perusahaan telah memberikan bantuan berupa uang tunai dan kebutuhan sehari-hari kepada Panti Asuhan Tunas Bangsa, Cipayung, Jakarta. Panti asuhan tersebut merupakan yayasan sosial yang menaungi anak-anak terlantar dan bayi yang ditinggal orang tuanya di rumah sakit. Selain itu Perusahaan juga senantiasa aktif dalam memberikan bantuan kepada korban bencana alam.
Pada bulan Oktober 2009, pada saat kota Padang dan sekitarnya diluluh lantakkan oleh gempa bumi dahsyat, jaringan Perusahaan juga mengalami kerusakan, dan beberapa karyawan pun ikut menjadi korban. Gempa ini mengetuk perusahaan untuk aktif menggalang dana kemanusiaan untuk disalurkan kepada korban gempa tersebut. Selain dalam bentuk uang tunai, Perusahaan juga memberikan bantuan berupa sembako untuk meringankan beban hidup para korban gempa tersebut.
Selain aktif sendiri menggalang bantuan, Perusahaan juga ikut dalam kegiatan peduli gempa Padang yang diadakan oleh APPI (Asosiasi Perusahaan pembiayaan Indonesia).
Bantuan Pendidikan
A. Beasiswa Prestasi   
Beasiswa Prestasi (BSP), merupakan program beasiswa dalam bentuk uang sekolah kepada anak karyawan yang berprestasi. Program beasiswa ini diselenggarakan oleh APPI bersama dengan BCA Finance dan anggota lainnya.

B. Beasiswa BCA Finance

Selain dari program Beasiswa Prestasi, Perusahaan juga mengadakan Program Beasiswa BCA Finance. Pada tahun program ini merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi, dibuktikan dengan IPK harus diatas 3,00 dan memiliki keterbatasan finansial.

Program ini adalah salah satu bukti kepedulian Perusahaan di Bidang Pendidikan. Perusahaan berkeinginan untuk mengurangi angka putus sekolah dengan membantu biaya pendidikan bagi mahasiswa berprestasi.

http://www.bcafinance.co.id/uploads/Corplan/bcafpeduli_bea.jpg

Pada tahun 2009, BCA Finance menerima 3.599 aplikasi permohonan beasiswa dari seluruh wilayah Indonesia, yaitu 2.903 aplikasi berasal dari Perguruan Tinggi Negeri, dan 696 aplikasi berasal dari Perguruan Tinggi Swasta.

Program Beasiswa BCA Finance 2009 diberikan kepada 20 Mahasiswa dari 20 Perguruan Tinggi yang tersebar di Indonesia. Bantuan diberikan berupa uang tunai setiap bulan hingga mahasiswa tersebut menyelesaikan masa studinya. Total bantuan senilai Rp. 306.000.000,-

Mahasiswa yang terpilih untuk mendapatkan beasiswa diundang ke Jakarta untuk bertemu dengan management BCA Finance dan melihat langsung kegiatan di BCA Finance. Tujuannya adalah supaya manajemen BCA Finance mengenal lebih dekat dengan para penerima beasiswa.
Setelah sukses di tahun 2009, di tahun 2010 ini BCA Finance kembali menggulirkan program BEASISWA BCA FINANCE 2010. Jumlah aplikasi tahun ini adalah sebanyak 8.858 aplikasi, terdiri dari 4.412 PTN dan 4.446 PTS.
Beasiswa diberikan kepada 38 orang mahasiswa berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi dari 26 Perguruan Tinggi di Seluruh Indonesia, dengan total beasiswa senilai maksimum Rp. 372.000.000,-.
C. BCA Finance Berbagi
Dalam rangka menyambut Ulang Tahun BCA Finance yang ke-29 pada tanggal 7 Maret 2010, BCA Finance telah mengadakan program ”BCA Finance Berbagi” dengan membagikan 150 unit komputer layak pakai kepada 20 yayasan sosial dan lembaga pendidikan di Jabotabek, Serang, dan Sukabumi.
http://www.bcafinance.co.id/uploads/Corplan/csr_berbagi.JPG
Perusahaan berharap program ini dapat memberikan kontribusi yang baik kepada setiap penerima bantuan dalam meningkatkan pendidikan dan keterampilan komputer bagi para anak didiknya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar